Melirik Pesona Tiga 'Kartini' Belitung, Sukses Menangkan Pileg 2024

- 21 April 2024, 21:47 WIB
Sosok perempuan calon anggota DPRD Belitung periode 2024-2029 yakni Yola Junita (Gerindra), Vina Cristyn Ferani (PDI Perjuangan), dan Ferliza (Gerindra).
Sosok perempuan calon anggota DPRD Belitung periode 2024-2029 yakni Yola Junita (Gerindra), Vina Cristyn Ferani (PDI Perjuangan), dan Ferliza (Gerindra). /

Betare Belitong - Setiap 21 April diperingati sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa R.A Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan di Indonesia.

Kartini lahir di Kota Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879. Ia adalah putri dari salah seorang bangsawan bernama Raden Mas (R.M.) Sosroningrat dan Mas Ajeng Ngasirah.

Pada zaman kolonial penjajah, RA Kartini berjuang agar perempuan mendapatkan pendidikan yang setara.

Sehingga 21 April merupakan tanggal yang sakral bagi perempuan di Indonesia. Sampai saat ini Hari Kartini masih terus diperingati.

Makna peringatan Hari Kartini terus berubah tanpa meninggalkan subtansi makna perjuangan sosok Kartini tempo dulu.

Namun jika dulu sosok RA. Kartini berjuang melawan penjajahan Belanda. Kartini era saat ini berjuang untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

Keseteraan yang diharapkan oleh RA Kartini tempo dulu kini mulai terwujud. Perempuan bukan lagi yang dinomorduakan melainkan setara dan sama dengan kedudukan laki-laki.

Salah satunya adalah dalam dunia politik, kini perempuan sudah mendapatkan keterwakilan sebesar 30 persen di parlemen salah satunya dalam Pileg 2024 kemarin.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini 21 April 2024, Redaksi Betare Belitong merangkum sosok 'Kartini' masa kini. Mereka adalah tiga perempuan yang sukses memenangkan Pileg 2024.

Halaman:

Editor: Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah