Ada 267 Kejadian Bencana di Belitung Sepanjang 2023, Karhutlah Paling Banyak

- 22 Mei 2024, 15:00 WIB
Kegiatan Gerakan Budaya Sadar Bencana Dalam Rangka Mengurangi Risiko Bencana yang diselenggarakan oleh BPBD Belitung.
Kegiatan Gerakan Budaya Sadar Bencana Dalam Rangka Mengurangi Risiko Bencana yang diselenggarakan oleh BPBD Belitung. /

Betare Belitong - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, mencatat sebanyak 267 kejadian bencana sepanjang 2023.

"Ada 267 kejadian bencana terjadi di sepanjang 2023," kata Kepala Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi, Rabu 22 Mei 2024.

Adapun 267 kejadian bencana tersebut terdiri dari bencana banjir dua kejadian, bencana angin puting beliung dua kejadian, bencana kebakaran hutan dan lahan 248 kejadian, dan bencana kebakaran lainnya 15 kejadian.

Ia menjelaskan, kejadian bencana bisa disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam, dan manusia sendiri.

Peristiwa bencana dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, korban luka, dampak psikologis, bahkan menimbulkan korban jiwa.

"Bencana dapat terjadi kapan saja tanpa diprediksi. Oleh karena itu pentingnya kesiapsiagaa masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam," katanya.

Mengubah Paradigma

Ia berpendapat, pengetahuan tentang kebencanaan pada kalangan masyarakat saat ini lebih banyak pada kegiatan pasca bencana seperti "emergency response" dan "recovery" dibandingkan kegiatan sebelum bencana.

"Paradigma ini harus diubah sehingga kita bisa mereduksi potensi bahaya atau kerugian yang ditimbulkan dan mengurangi risiko bencana yang terjadi," imbuhnya.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana alam pihaknya menggelar kegiatan sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) rawan bencana.

Halaman:

Editor: Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah