Utamakan Keselamatan, Dishub Belitung Panggil Pengelola Bus Pariwisata

- 28 Mei 2024, 20:45 WIB
Ilustrasi bus pariwisata
Ilustrasi bus pariwisata /wikipedia.com/

Betare Belitong - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau pemilik dan pengelola bus pariwisata di daerah itu mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas.

"Kami mengimbau agar bus-bus pariwisata di Belitung mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas," kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung, Ramansyah usai menggelar rapat koordinasi bersama pemilik dan pengelola bus pariwisata, Selasa 28 Mei 2024.

Menurut dia, hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas bus pariwisata di daerah itu seperti yang terjadi di luar daerah .

"Seperti yang terjadi di Subang, Jawa Barat dan Lampung disinyalir karena bus pariwisata tersebut tidak laik alan," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya mencegah terjadinya hal tersebut lebih awal atau dini karena Belitung merupakan daerah destinasi pariwisata sehingga citra pariwisata yang aman, nyaman, dan selamat dapat terwujud.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar para pemilik dan pengelola bus pariwisata dapat menjamin kelaikan armada yang dimiliki guna mewujudkan keselamatan para penumpang.

Disampaikan Ramansyah, sejumlah persyaratan yang harus dimiliki oleh bus pariwisata diantaranya adalah memiliki surat uji KIR, surat izin operasional, jaminan asuransi, dan armada bus harus layak jalan.

Ia meminta pemilik dan pengelola bus pariwisata agar dapat mengurus dan mematuhi aturan yang dimaksud tersebut, guna mencegah terjadinya Insiden kecelakaan lalu lintas bus pariwisata di daerah itu.

"Maka kami mitigasi lebih dulu jangan sampai ada insiden misalnya bus pariwisata mengalami rem blong dan kejadian lain yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah