Mengintip Potensi Ancaman Gempa Bumi di Belitung, Ini Kata BNPB!

- 21 Mei 2024, 21:36 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /

Betare Belitong - Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, selama ini dinyatakan aman dari ancaman musibah gempa bumi.

Akan tetapi, ancaman terjadinya gempa bumi di Belitung harus tetap diwaspadai. Hal ini tidak terlepas bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Soal ancaman gempa bumi di Belitung, BNPB menyebutkan bahwasanya ancaman tersebut ada namun kondisinya berstatus rendah.

"Ancaman terjadinya gempa bumi di Belitung ada, namun statusnya masih rendah," kata Direktur Kesiapsiagaan BNPB, Pangarso Suryotomo dalam acara KIE Rawan Ancaman Bencana di Tanjungpandan, Selasa 21 Mei 2024.

Dia menyampaikan, meskipun ancaman ini rendah namun masyarakat diimbau tetap waspada.

"Cuma ini kondisinya rendah, namun juga harus disikapi bagaimana sikap masyarakat menghadapi itu (gempa bumi, red). Kita tidak tahu kapan itu terjadi minimal kita sudah tahu ada risiko itu," ungkap dia.

Menurutnya, ancaman ini juga didasarkan pada hasil kajian risiko ancaman bencana alam oleh tim BNPB yang dituangkan dalam aplikasi 'InaRisk Personal'.

"Bisa didownload di aplikasi 'InaRisk' apa saja yang menjadi ancaman bencana di titik lokasi kita berada dan di situ bisa kita lihat rekomendasi yang dilakukan jika terjadi bencana alam," jelas Pangarso.***

Editor: Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah