Langkah Konsisten Prakerja, 4 Tahun Mendorong Produktivitas Angkatan Kerja di Indonesia

- 18 Mei 2024, 21:00 WIB
Acara rilis laporan pelaksanaan program kartu Prakerja di Indonesia tahun 2023 di Jakarta.
Acara rilis laporan pelaksanaan program kartu Prakerja di Indonesia tahun 2023 di Jakarta. /

Betare Belitong - Prakerja di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengumumkan hasil kinerja selama periode 2020-2023 dalam acara Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2023 dan Diskusi Publik.

Acara dihadiri tak kurang dari 500 undangan diantaranya Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretaris Komite Cipta Kerja, Tim Pelaksana, 15 perwakilan kepala daerah, 78 perwakilan alumni se-Indonesia, rektor maupun pimpinan institusi pemantau dan asesor, mitra pembangunan internasional, seluruh mitra serta lembaga pelatihan di ekosistem Prakerja.

Skema normal yang dimulai pada tahun 2023 berhasil dilaksanakan, sehingga secara kumulatif sejak gelombang pertama dibuka pada 11 April tahun 2020 hingga 31 Desember 2023, Prakerja telah memberikan akses pelatihan keterampilan kepada 16,5 juta angkatan kerja dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Melanjutkan tradisi "evaluasi tanpa henti" sebelumnya, Rapid Assessment yang dilakukan oleh DEFINIT-ADB (2023) menunjukkan desain skema normal sudah tepat dan 83% penerima menyatakan Prakerja mendorong peningkatan keterampilan, kompetensi, dan produktivitas mereka.

Selain itu, studi CIPG-ADB (2023) menunjukkan Prakerja mendorong pencapaian 8 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs.

Memperhatikan hasil studi, Jiro Tominaga, Country Director ADB Indonesia dalam pernyataan tertulisnya menyebutkan bahwa Prakerja dapat digunakan sebagai benchmark yang baik bagi negara-negara lain yang mengembangkan program pelatihan berskala besar.

“Prakerja menjadi program strategis pemerintah untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja sekaligus mendorong penciptaan lapangan kerja. Kedepannya, Prakerja akan terus dikembangkan untuk merespon dinamika pasar kerja," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Sekretaris Komite Cipta Kerja, Susiwijono Moegiarso, di acara Rilis Laporan Pelaksanaan Program Kartu Prakerja Tahun 2023, Hotel St. Regis, Jakarta.

Setelah terpilih untuk dipresentasikan di Markas Besar PBB di rangkaian SDG Summit pada September 2023, Prakerja juga memperoleh "Honourable Mention" Wenhui Award 2022-2023 dari UNESCO sebagai inovasi pendidikan yang terpuji.

Kompetisi Wenhui Award tahun 2022-2023 ini diikuti oleh 94 inovasi dari 25 negara se-Asia Pasifik. Penghargaan ini merupakan prestasi pertama Indonesia sejak kompetisi ini diadakan pada tahun 2010.

Halaman:

Editor: Angga


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah