PPDB Akan Segera Dimulai, Catat Tanggalnya

- 29 Mei 2024, 19:00 WIB
Kepala Disdikbud Belitung, Soebagio.
Kepala Disdikbud Belitung, Soebagio. /

Betare Belitong - Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung akan mulai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025.

Adapun jadwalnya, jenjang PAUD dan SD 18 Juni hingga 22 Juni, dan SMP mulai 24 Juni hingga 28 Juni 2024, sedangkan awal tahun ajaran baru mulai 15 Juli 2024.

Kepala Disdikbud Belitung, Soebagio mengatakan, pada PPDB itu mereka mengacu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan
Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah
Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau bentuk lain yang sederajat.

Selain itu, keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 47/M/2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021.

"Dasar hukumnya kita tetap mengacu pada itu semua, dan petunjuk teknisnya masih sama seperti sebelumnya," kata Soebagio kepada Belitong Ekspres, Rabu 29 Mei 2024.

Menurut Soebagio, tata cara pendaftaran peserta didik baru yakni jenjang PAUD/TK mendaftar langsung ke sekolah yang dituju dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dan jenjang SD dan SMP mendaftar melalui sistem dalam jaringan (daring) aplikasi Laman website : https://ppdb.belitung.go.id.

"Kita kerja sama dalam PPDB itu disdikbud Belitung bekerja sama dengan Disdukcapil dan Diskominfo Belitung," sebutnya.

Seleksi PPDB dilaksanakan dengan 4 jalur pendaftaran yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi dan jalur mutasi orang tua.

Jalur zonasi terdiri atas, SD paling sedikit 70 persen dan jalur zonasi SMP paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Jalur afirmasi paling sedikit 15 persen dari daya tampung sekolah.

Halaman:

Editor: Angga


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah